Peluang Besar Bisnis di Era Digital

Peluang Besar Bisnis di Era Digital

Peluang bisnis di era digital sangat tinggi, hal ini semakin ditunjang oleh insfratuktur seperti jaringan Fiber Optic yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Kabel-kabel bawah laut ini memungkinkan akses internet yang cepat, murah dan bisa dinikmati oleh siapa saja. Apalagi di Indonesia sendiri industri digital sudah sangat menjamur, sebut saja bisnis di bidang transportasi seperti Gojek, atau payment method buatan Indonesia seperti Paytren.

Peluang bisnis di era digital yang paling diminati yang pertama adalah Marketplacee, dimana dipertemukannya penjualan dan pembeli secara online di situs-situs tertentu seperti Tokopedia atau Bukalapak. Dan satu lagi untuk melengkapi itu adalah Paytren, yaitu bisnis yang menyediakan pembayaran untuk segala keperluan seperti pulsa, tagihan listrik, air, asuransi, maupun pembayaran di berbagai merchant di Indonesia, tentu ini bisa memudahkan dalam berbisnis atau bertransaksi.

Apa Saja Peluang Bisnis di Era Digital?

Berikut beberapa bidang yang menjadi peluang bisnis di era digital.

1.Financial

Dunia keuangan cukup menjanjikan untuk dilirik, mengingat transaksi di Marketplace sangat tinggi dan perusahaan banyak yang beralih ke online payment. Bisnis keuangan bisa menjanjikan keuntungan yang luar biasa. Sebut saja Paytren yang mengambil peluang ini dimana aplikasi ini mampu mempermudah Anda dalam melakukan berbagai pembayaran di berbagai merchant, atau membayar banyak tagihan untuk kebutuhan pribadi. Dengan paytren Anda bisa membayar tagihan asuransi, listrik, pulsa, dan masih banyak lagi hanya dengan melalui smartphone.

Fintech atau Financial Technology cukup menjanjikan, mengingat juga banyak orang Indonesia yang melalukan pinjaman untuk membangun start up. Kartu kredit juga cukup diminati dan bank-bank sudah menyediakan sarana untuk apply secara online.

2. Marketplace

Marketplace adalah tempat dimana penjual dan pembeli dipertemukan secara online pada suatu situs web. Konsep dari marketplace ini seperti layaknya sebuah Mall, dimana tugasnya adalah mengumpulkan sebanyak mungkin penjual sehingga akan banyak pula pengunjung yang datang di Marketplace tersebut. Contoh dari Marketplace yang terkenal adalah tokopedia, bukalapak, dan shopee.

Di Indonesia peluangnya sangat besar, anda yang bermodal kecil dan tak punya uang untuk menjual produk anda di pasar, mall di pinggir jalan protokol bisa menjajakan produk anda di marketplace. Memang beberapa penjual di Marketplace punya modal besar karena sudah punya toko offline, namun in tetap tak menutup peluang marketplace.

3. Transportasi & Akomodasi

Peluang bisnis di era digital yang menawarkan kemudahan untuk bepergian mungkin jadi salah satu yang paling menjanjikan. Pernahkah Anda bepergian lalu kesulitan dalam memesan tiket pesawat, kereta api, atau bus? Beberapa bisnis di bidang jasa transportasi bisa mempermudah anda dalam bepergian dengan menyediakan aplikasi untuk memesan tiket secara mudah melalui smartphone. Sebut saja Traveloka atau Ticket.com.

Satu hal yang perlu anda ketahui  adalah mereka sebenarnya tumbuh dari UKM juga, bisnis offlne yang mengharuskan pelanggan datan ke agen, namun mereka mampu memberikan inovasi sehingga banyak pelanggan yang puas. Belum lagi, mereka juga menambah service booking hotel yang membuat perjalanan anda semakin nyaman.

4. Jasa

Anda juga bisa bergerak di bidang jasa untuk bisnis digital seperti jasa penulisan artiket untuk sebuah website, atau jasa pembuatan website untuk e-commerce. Anda hanya membutuhkan kemampuan anda murni dan internet yang kencang.

Itulah tadi beberapa peluang bisnis di era digital yang cukup menjanjikan dan bisa Anda tekuni untuk masa depan anda, Anda hanya membutuhkan modal kecil jika memulainya secara online.